Punya Masalah Rambut Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Setiap manusia memiliki kurang lebih 100 ribu helai rambut. Tapi tahukah kamu jika manusia dapat mengalami rambut rontok 50 sampai 100 helai per hari? Jika dibayangkan, pasti sangat menyeramkan. Pada dasarnya kerontokan rambut tidak akan menyebabkan rambut tipis atau bahkan kebotakan. Lalu apa yang menyebabkan rambut rontok?

Penyebab rambut rontok sangat bervariasi, dari yang paling sederhana sampai yang rumit seperti tanda atau gejala dari suatu penyakit. Menurut survei, antara perempuan dan laki-laki, yang paling banyak mengalami kerontokan adalah laki-laki dengan berbagai penyebab, diantaranya:

 

Stres

Segala macam bentuk trauma mulai dari trauma kecelakaan, penurunan berat badan drastis, penyakit serius atau pasca melahirkan dapat menyebabkan rambut rontok dalam jumlah yang banyak meskipun sementara.

Bahkan perubahan emosi akibat masalah pekerjaan, perceraian ataupun duka cita juga dapat menyebabkan rambut rontok. Dalam dunia kesehatan, kejadian ini dikenal dengan nama telogen effluvium.

Pada perempuan, umumnya menyadari bahwa kerontokan rambut terjadi setelah enam minggu sampai tiga bulan setelah mengalami stres berat.

Kamu tau tidak jika rambut memiliki tiga fase penting? Masa pertumbuhan, masa istirahat dan masa rontok. Stres berat yang kamu alami bisa mengganggu siklus rambut, sehingga dapat mempercepat rambutmu mengalami kerontokan.

Tanda dimulainya kerontokan bisa dilihat dari akar rambut yang rontok (biasanya rambut memiliki kantung lonjong seperti bohlam pada ujungnya). ‘Kantung’ pada rambut tersebut menandakan bahwa rambut telah melalui fase pertumbuhan secara keseluruhan dan mengidentifikasikan bahwa siklus rambut telah dicapai lebih cepat akibat pengaruh stres.

Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok akibat stres? Rambut rontok yang disebabkan oleh Telogen Effluvium hanya membutuhkan waktu untuk mengurangi kerontokan. Pertumbuhan rambut akan kembali normal saat tubuh tidak lagi stres.

Jika saat ini kamu mengalami kerontokan akibat stres, lebih baik mulai menghindari permasalahan yang membuat tubuhmu berpikir panjang. Coba untuk merubah pikiranmu menjadi positif, jika diperlukan kamu bisa melakukan meditasi dan yoga. Efek tenang akan kamu dapatkan dari yoga ataupun meditasi dan dapat membantu untuk berpikir lebih baik.

Hal ini juga berpengaruh terhadap pola hidupmu. Pastikan kamu melakukan istirahat yang cukup, kurang lebih tujuh jam dalam sehari, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, dan jangan lupa untuk banyak minum air putih.

Rambut sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhannya. Makanan yang kamu konsumsi dan rambut sangat erat hubungannya. Rambutmu terbut dari protein yang disebut keratin, maka dari itu asupan protein sangat berpengaruh.

 

Rambut rontok karena turunan

Penyebab kerontokan yang paling umum adalah kerontokan yang disebabkan karena faktor keturunan. Gen dalam tubuhmu bisa diturunkan dari salah satu orang tua, baik ayah maupun ibu. Jika orang tuamu mengalami rambut rontok maka sudah dipastikan kamu pun akan mengalaminya.

Pada perempuan yang mengalami kerontokan karena faktor genetik, biasanya mengalami penipisan di garis rambut. Biasanya kerontokan ini akan terjadi sekitar usia 50-60 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan, kamu akan merasakannya pada usia 20an.

Hukumnya, saat rambut mengalami kerontokan, pasti akan digantikan dengan rambut baru dengan ukuran yang sama. Tapi pada permasalahan ini, setiap rambut baru akan memiliki teksture yang halus dan tipis, akibat folikel rambut yang mengecil dan lama kelamaan berhenti tumbuh.

Bagaimana cara mengatasinya? Jika kamu berkeinginan kuat untuk menghilangkan kebotakan akibat rambut rontok, kamu bisa mengkonsumsi obat penumbuh rambut. Untuk perempuan, dosis yang digunakan harus lebih sedikit dibandingkan untuk laki-laki.

Sebagai informasi, terdapat dua jenis obat yang bisa kamu konsumsi untuk menumbuhkan rambut yaitu minoxidil dan finasteride.

Minoxidil aman dikonsumsi oleh pria dan wanita. Dilansir dari salah satu halaman web MD, obat minioxidil lebih efektif digunakan perempuan untuk mengatasi rambut rontok. Sedangkan finasteride lebih efektif digunakan untuk lak-laki.

Jika kamu memiliki alergi obat tertentu, lebih baik menanyakan terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisimu.

 

Kelebihan vitamin A

Kamu sering mengkonsumsi vitamin atau obat-obatan tertentu yang bisa memicu kerontokan rambut? Dikutip dari health.com, terlalu banyak mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan bisa memicu kerontokan rambut.

Bagaimana cara mengatasinya? Jika memang penyebab kerontokan rambut karena terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A, maka cara yang paling benar adalah mengurangi vitamin A sampai keadaan rambutmu kembali normal.

Jika kamu tidak bisa lepas dari vitamin A, coba perhatikan kandungannya. Jangan mengkonsumsi vitamin A 5000 IU atau 1500 mikrogram, karena vitamin ini melebihi kecukupan vitamin A harian.

Lebih baik, minum vitamin yang mengandung 20% kebutuhan vitamin A per hari  yang sudah berbentuk beta karoten atau campuran karoten. Jangan lupa juga untuk membaca nilai gizi pada kemasan.

 

Kekurangan vitamin B

Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan rambut rontok, begitu juga jika kamu kekurangan vitamin B. Penyebab rambut rontok karena kurang vitamin B, termasuk masalah yang mudah ditangani.

Bagaimana cara mengatasinya? Cara paling tepat mengatasinya adalah dengan rutin mengkonsumsi vitamin B dan mengubah pola makan dengan makanan yang mengandung banyak vitamin B seperti ikan, jagung, daging, kacang polong, ubi, atau buah-buahan non sitrus yang mengandung lemak baik seperti alpukat.

 

Kekurangan protein

Kamu sedang menjalani diet rendah protein? Protein merupakan zat pembangun tubuh termasuk juga sel rambut. Jika tubuh menerima asupan protein yang terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhannya. Biasanya, rambut rontok akibat kekurangan protein akan terlihat setelah 2-3 bulan setelah penurunan mengkonsumsi protein.

Bagaimana cara mengatasinya? Menurut AKG Kementrian Kesehatan RI, angka cukup protein bagi orang Indonesia sekitar 56-59 gram per hari untuk perempuan dan 62-66 gram per hari untuk laki-laki. Kamu sangat mudah mendapatkan asupan protein seperti dari ikan, daging, dan telur.

Jika kamu termasuk dalam golongan vegetarian, dapat memenuhi kebutuhan protein dari kacang-kacangan seperti almond atau tempe. Bisa juga dari buah dan sayuran.

 

Anemia

Ladies, kamu tau tidak jika 1 dari 10 perempuan berusia diantara 20-49 tahun banyak mengalami anemia defisiensi zat besi. Jika kamu mengalami pendarahan hebat saat menstruasi atau kebutuhan zat besi tidak tercukupi, maka akan cenderung mengalami anemia.

Biasanya, anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi menyebabkan tubuh mudah kelelahan, mudah lemah, dan kulit memucat. Terkadang, timbul juga gejala sakit kepala berulang, kaki dan telapak tangan mudah dingin, sulit konsentrasi dan rambut mudah rontok.

Tubuh manusia membutuhkan asupan zat besi yang memadai agar mampu membawa oksigen ke sel tubuh lewat darah termasuk membawanya ke folikel rambut. Hal tersebut yang menyebabkan rambut mudah rontok karena anemia yang disebabkan kurangnya zat besi.

Kamu tau tidak, jika setiap perempuan seharusnya memerlukan 18 miligram zat besi setiap hari. Jika sudah berumur (menopause) kebutuhan zat besi akan berkurang menjadi 8 miligram per hari.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok akibat anemia? Dengan rutin minum suplemen zat besi dapat membantu kamu mengatasi anemia. Jangan lupa untuk mengatur pola makan dengan mencukupi asupan zat besi.

Makanan yang mengandung zat besi adalah sayuran berdaun hijau, kacang mede, daun bawang, daging, buah kering dan sereal yang telah difortifikasi.

Untuk kamu yang vegetarian, dapat memenuhi asupan zat besi dari sayur bayam. Sangat dianjurkan, untuk mencukupi kebutuhan zat besi dibarengin dengan dengan vitamin c, yang memudahkan penyerapan zat besi.

 

Kulit kepala yang tidak sehat

Kamu tau tidak jika kulit kepala yang tidak sehat dapat menyebabkan peradangan? Hal tersebut mengakibatkan rambut sulit tumbuh dengan baik dan menyebabkan rambut rontok.

Bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasinya, tergantung kondisi yang kamu alami. Bisa dengan menggunakan sampo obat untuk dermatitis seboroik. Jika penyebab rambut rontok karena ketombe, maka gunakan sampo antiketombe yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, selenium sulfida, dan ketoconazole.

 

Terlalu sering pakai pemanas rambut

Kamu tim pengguna hairdryer dan catokan setiap hari? Jika iya, sebaiknya kamu harus mulai menguranginya. Karena pemakaian yang terlalu sering dapat merusak sifat alami rambut, apalagi kamu menggunkan dengan suhu yang terlalu panas.

Pada dasarnya, alat-alat ini dapat menghilangkan kelembapan alami rambut dengan mengurangi kandungan airnya. Jika itu terjadi, maka rambut akan rusak, kering, bercabang bahkan menyebabkan rambut rontok. Tidak hanya itu, rambutmu juga akan sulit tumbuh. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengurangi efek samping styling rambut, gunakan selalu conditioner dan lindungi rambut dengan vitamin. Kurangi penggunaan hairdryer, misalnya seminggu sekali.

 

Itulah penyebab rambut rontok yang sering dialami kebanyakan orang. Ada rekomendasi produk perawatan rambut untukmu. Gunakan Neolife Indonesia, terdapat berbagai produk perawatan rambut. Mulai dari sampo, conditioner, creambath, hair tonic, sampai dengan hair mask. Pilihan tepat, ya Neolife.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *