Memotong Rambut? Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukannya

Memotong rambut sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, khususnya bagi laki-laki. Setiap sebulan sekali atau bahkan sebulan dua kali kaum adam rutin datang ke barbershop untuk memotong atau sekedar merapikan rambut.

Tapi kamu tau tidak jika penggunaan alat potong rambut dan berbagai perawatan terkait tidak hanya mempengaruhi penampilan kamu tapi juga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Setelah memotong rambut, biasanya penampilan seseorang bisa berubah dibandingkan sebelumnya. Bahkan ada beberapa penelitian yang membuktikan jika laki-laki sudah mencukur rambut tampak membuat mereka lebih maskulin dan berkarakter.

Semua kegiatan selalu ada seni didalamnya, termasuk juga memotong rambut. Jangan asal memendekkan atau merapikan saja, karena hasilnya belum tentu cocok pada wajah kamu, bahkan bisa mengganggu kesehatan kulit kepala. Makanya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memotong rambut, yaitu:

 

Konsultasi dengan pencukur rambut

Konsultasi dengan pencukur rambut

Memotong rambut sama saja mengubah penampilan, membuat kamu lebih segar, lebih bersih, bahkan bisa terkesan membuat lebih tinggi dan kuat. Semua kesan tersebut tergantung bentuk gaya rambut yang disesuaikan dengan bentuk kepala.

Jika kamu bingung ingin dibentuk seperti apa, ada baiknya konsultasikan pada pencukur rambut agar mendapatkan pilihan model yang sesuai dengan dirimu.

 

Pilih waktu yang tepat

Pilih waktu yang tepat

Saking sudah menjadi kebutuhan, banyak barbershop yang anteri. Ada beberapa orang yang tidak suka mengantri dan lebih memilih untuk memotong rambut sendiri.

Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, disarankan untuk lebih cermat memilih alat potong. Sebelum membentuk model, gunakan gunting untuk merapikan rambut terlebih dahulu. Setelah sudah pendek, barulah menggunakan alat cukur untuk membentuk model.

Waktu yang paling tepat untuk memotong rambut adalah setelah selesai mandi. Kulit kepala harus lembap dan bersih saat akan dipotong, hal ini untuk memudahkan proses memotong dan menghindari luka setelah mencukur rambut.

 

Perhatikan penggunaan sampo di salon atau barbershop

Perhatikan penggunaan sampo di salon atau barbershop

Sebelum mulai memotong rambut pasti akan dibersihkan terlebih dahulu. Pastikan sampo yang digunakan untuk membersihkan rambut cocok untuk kamu. Jika kamu menggunakan sampo khusus, lebih baik membawanya dari rumah.

Jika kamu masih bingung memilih sampo yang ada dipasaran, cobalah gunakan Sampo Neolife dengan delapan pilihan rasa yang diperuntukkan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Bermanfaat memberikan kesegaran dan melembapkan rambut.

 

Mulai dari sisi yang terlihat jelas

Mulai dari sisi yang terlihat jelas

Ada beberapa orang yang memiliki bentuk kepala tidak simetris. Sayangnya, alat cukur rambut tidak selalu sesuai dengan bentuk dari kulit kepala. Oleh karenanya, saat mencukur rambut disarankan melakukannya didepan cermin. Mulai dari bagian depan hingga samping.

Kamu harus berhati-hati saat mencukur bagian kepala yang tidak terlihat, posisikan tubuh senyaman mungkin agar proses potong rambut berjalan lancar. Oh iya, hindari mencukur beberapa kali pada satu area saja, agar kulit kepala terhindar dari luka atau iritasi akibat terkena alat cukur.

 

Perawatan setelah memotong rambut

Perawatan setelah memotong rambut

Memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala sangat penting. Untuk laki-laki gunakan krim mengandung tabir surya jika mencukur rambut hingga habis. Sedangkan untuk perempuan, rawat rambut dengan rajin creambath, melakukan masker rambut dan menggunakan hair tonic.

Semua rangkaian perawatan rambut bisa kamu temukan pada produk Neolife. Produk aman dan sudah terdaftar pada BPOM. Ada berbagai varian yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memotong rambut. Menggunakan alat yang tepat dapat membuat penampilan berbeda, tetapi jangan sampai kamu mengabaikan kondisi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *